Laporan Praktikum 7 PACKAGE DAN JAVA KELAS

   PACKAGE DAN JAVA KELAS



DASAR TEORI


A. PACKAGE
        

          Package digunakan untuk mengelompokkan file kelas (*.class) yang terkait (karena jenisnya,fungsinya atau karena alasan lainnya) pada direktori yang sama,dimana di dalam setiap kelasnya terdapat directive (statement java dalam source code yang digunakan untuk membuat kelas) package yang mengaju pada direktori tersebut.


Deklarasi package :
        
     Package namaPage;


     Secara umum,bila ingin menggunakan kelas yang telah dideklarasikan dan dikompile ke dalam suatu package,maka anda perlu membubuhkan pernyataan import pada kelas pemanggil tersebut.

Deklarasi Import :


  •  Mendeklarasikan penggunaa kelas suatu package satu persatu



           Import namaPackage.namaKelas;  



  • Mendeklarasikan penggunaan semua kelas suatu package

    Import namaPackage.*;



B. JAVA KELAS

     Sun Microsystems,Inc. Selaku pengembang utama Java menyediakan banyak kelas yang dapat digunakan untuk mempermudah pembuatan aplikasi Java.


  1.Kelas String

      String merupakan kelas yang menangani deretan karakter. Kelas ini mendukung sejumlah method yang sangat berguna untuk memanipulasi string. Bbebrapa method dalam kelas string adalah :


  • char charAt(int indeks) : menghasilkan karakter yang terletak pada posisi indeks
  • boolean equals(Object anObject) : membandingkan string ini dengan obyek lain. Case sensitive
  • boolean equalsslgnoreCase(String anString) : membandingkan string ini dengan obyek lain. Tidak case sensitive
  • int length().mengembalikan nilai panjang/jumlah karakter dari string
  • string toLowerCase() : mengkonversi semua karakter menjadi huruf kecil.
  • string toUpperCase() : mengkonversi semua karakter menjadi huruf besar.
  • string trim() : mengembalikan salinan string ini setelah menghilangkan spasi kosong di awal dan di akhir string.


    2.Kelas Math

         Math adalah kelas yang terdapat pada paket java.lang yang berguna untuk melakukan berbagai operasi matematika.Beberapa method dalam kelas math adalah :
  • double abs(double a) : menghasilkan nilai mutlak dari atribut.
  • double ceil(double a) : mengkonversi nilai atribut dengan pembulatan ke bawah
  • double floor(double a) : mengkonversi nilai atribut dengan pembulatan ke atas.
  • long round(double a) : menghasilkan nilai yang merupakan bilangan bulat terdekat dengan parameter a
  • doubke sqrt(double a) : menghasilkan nilai yang merupakan akar kuadrat.



LANGKAH-LANGKAH PRAKTIKUM 



Membuat direktori Meet 6 \makhlukhidup\hewan


A. Membuat Program Manusia.java

//file Manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Manusia {
   public String nama = "";
   public Manusia (String nama) {
         this.nama = nama;
   }
}



B. Membuat Program Tumbuhan.java

 //file Tumbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Tumbuhan {
   public String nama = "";
   public Tumbuhan (String nama) {
         this.nama = nama;
   }
}


C. Membuat Program Burung.java

 //file Burung harus berada dalam folder makhlukhidup/hewan
package makhlukhidup.hewan;
public class Burung {
   public static final boolean bisaTerbang = true;
   public String nama ="";
   public Burung (String nama) {
         this.nama = nama;
         System.out.println("Nama burung: "+nama);
   }
}


D. Membuat Program MainMakhlukHidup.java

  //file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder meet6
public class MainMakhlukHidup {
   public static void main(String [] args) {
         makhlukhidup.Manusia m = new makhlukhidup.Manusia
("Sayuti");
         System.out.println("nama : "+m.nama);

         makhlukhidup.Tumbuhan t = new
makhlukhidup.Tumbuhan("Palem");
         System.out.println("nama : "+t.nama);

         System.out.println("Semua burung pasti bisaterbang?"
+makhlukhidup.hewan.Burung.bisaTerbang);
         makhlukhidup.hewan.Burung b = new
makhlukhidup.hewan.Burung("Beo");
    }
}


E. Membuat Program MainMakhlukHidupPakeImport.java

 //file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder Meet6
import makhlukhidup.*;
import makhlukhidup.hewan.*;

public class MainMakhlukHidupPakeImport {
   public static void main(String []args) {
         Manusia m = new Manusia ("Sayuti");
         System.out.println ("nama : "+m.nama);
        
         Tumbuhan t = new Tumbuhan ("Palem");
         System.out.println ("nama : "+t.nama);
        
         System.out.println     ("Semua    burung    pasti    bisa    terbang?"+Burung.bisaTerbang);
         Burung b = new Burung ("Beo");
   }
}

F. Membuat Program ContohString.java

public class ContohString {
   public static void main(String[] args) {
         String Kalimat = "Selamat belajar JAVA";
         System.out.println("toUpperCase                        :   " +Kalimat.toUpperCase());
         System.out.println("toLowerCase                       :   " +Kalimat.toLowerCase());
         System.out.println("Jumlah karakter                   :   " +Kalimat.length());
         System.out.println("Karakter     index    ke    0   :   " +Kalimat.charAt(0));
         System.out.println("Substring(16,20)                  :   " +Kalimat.substring(16,20));
         System.out.println("Karakter      index   ke     0  :   " +Kalimat.trim());
   }

}

G. Membuat Program OpMatematika.java

public class OpMatematika {
   public static void main(String[] args) {
         System.out.println("E             = " +Math.E);
         System.out.println("PI            = " +Math.PI);
         System.out.println("Ln 20         = " +Math.log(20.0));
         System.out.println("ceil(-5.6)    = " +Math.ceil(-5.6));
         System.out.println("floor(-5.6)   = " +Math.floor(-5.6));
         System.out.println("round(-5.6)   = " +Math.round(-5.6));
         System.out.println("sqrt (25)     = " +Math.sqrt(25));
         System.out.println("pow(25,0.5)   = " +Math.pow(25,0.5));
   }

}

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Laporan Praktikum 7 PACKAGE DAN JAVA KELAS"

Posting Komentar