Laporan Praktikum 4 INFORMATION HIDING, INHERITANCE, ENCAPDULATION DAN POLYMORPSHIM

INFORMATION HIDING, INHERITANCE, ENCAPDULATION DAN POLYMORPSHIM.



Dasar Teori
    
      Dalam bahasa pemrograman berorientasi obyek,program dibagi menjadi obyek-obyek yang saling berinteraksi satu sama lain .Obyek adalah benda ,baik benda yang berwujud nyata maupun benda yang tidak nyata atau abstrak.Konsep-konsep dasar yang mendasari pemrograman berorientasi obyek adalah inheritance (pewaris),encapsulation (pengkapsulan) dan polymorfism.

A. INHERITANCE

     Inheritance adalah penurunan atribut dan method dari suatu kelas super/kelas induk ke sub kelas/kelas anak. Pewaris ini bersifat menyeluruh sehingga semua atribut dan method yang dimiliki kelas super dapat diturunkan ke sub kelas.

Deklarasi :        [modifier] class NamaSubKelas extendsNamaKelasSuper       {class body;}

Keterangan : Kata kunci "extends"digunakan untuk menyatakan pewarisan.

B.  ENCAPSULATION

       Encapsulation atau pengkapsulan adalah suatu kemampuan dalam pemrograman berorientasi object untuk menyembunyikan atribut dan method suatu object dari object lain. Pengkapsulan ini membuat orang lain tidak bisa mengetahui bagaimana detil implementasi (listing program) dari modul.Pengkapsulan dilakukan dengan cara memberikan modifiermodifier  pada suatu method dan pada variabel. Method untuk memberikan nilai pada suatu atribut privat biasanya diawali dengan kata
"set",sedangkan method untuk mengambil nilai dari suatu atribut privat biasanya diawali dengan kata "get"

C.  POLYMORPHISM

      Secara leksikal,polymorphism (polimorfisme) bermakna satu kata yang dimiliki banyak arti. Polymorphism dapat diilustrasikan sebagaiberikut. Perhatikan penggunaan kata "mentah" dalam beberapa kalimat berikut :

  1.  " sayuran itu masih mentah".
  2.  "Pukulan petinju itu berhasil dimentahkan lawannya".
  3.  'Gagasan itu masih mentah sehingga perlu dibahas kembali".   

LANGKAH - LANGKAH PRAKTIKUM

A. Membuat Program SuperKelas.java


public class SuperClass{
   public SuperClass() {
         System.out.println("Ini konstruktor milik SuperClass");
   }

   public void methodSuperClass() {

         System.out.println("Ini method milik SuperClass");
   }

}   





B. Membuat Program SubClass.java

public class SubClass extends SuperClass {

   public SubClass() {
         super();
   }
   
   public void methodSubClass() {
         super.methodSuperClass();
   }

}






Program SubClass ini merupakan turunan dari induknya yaitu SuperClass


C. Membuat Program DemoInheritance.java

public class DemoInheritance{
   public static void main(String[] args) {
         SubClass sc = new SubClass();
         sc.methodSubClass();
   }
}



D.  Membuat Program Persegi.java

public class Persegi {

   private double panjang;         //atribut yang di sembunyikan

   private double lebar;          //atribut yang di sembunyikan
   private double tinggi;        //atribut yang di sembunyikan

   public Persegi() {

         panjang = 0;
         lebar = 0;
   }

   private double luas(double p,double l) {

         return p*l;
   }

   public void setPanjang(double panjang) {

         this.panjang = panjang;
   }

   public void setLebar(double lebar) {

         this.lebar = lebar;
   }

   public double getPanjang() {

         return panjang;
   }
   public double getlebar() {
         return lebar;
   }

   public double getLuas() {

         return luas(panjang, lebar);        
   }                                                                                    

}   

Variabelnya yakni (Panjang,Lebar,dan Luas)                                                                                 





E. Membuat Program MainPersegi

public class MainPersegi {
   public static void main(String[] args) {
         Persegi pg = new Persegi ();
         pg.setPanjang(10);
         pg.setLebar(20);

         System.out.println("Panjang : "+pg.getPanjang());

         System.out.println("Lebar : "+pg.getLebar());
         System.out.println("Luas : "+pg.getLuas());
   }

}


*Pg ----- yang dimaksud itu adalah new persegi(membuat object baru)


F. Membuat Program Karyawan.java

abstract class Karyawan {
   int gaji;
   Karyawan() {
         gaji = 1000000;
   }
   
   int getGaji() {
         return gaji;
   }
   
   abstract void naikGaji();

}




G. Membuat Program Manager.java


class Manager extends Karyawan {
   Manager () {
         gaji += 2000000;
   }
   
   void naikGaji() { gaji+=3000000; }
}


H. Membuat Program Receptionist.java

class Receptionist extends Karyawan {
   Receptionist() {
         gaji += 1000000;
   }
   
   void naikGaji() { gaji+=1000000;}

}




I. Membuat Program Polymorphisme.java

class Polymorphisme {
 publicstacticvoid main(String[] args) {
         Karyawan K[] = new Karyawan[3];

         K[0] = new Manager();

         K[1] = new Receptionist();
         K[2] = new Manager();

         for (int i=0;i<3;i++)

             System.out.println("Gaji Karyawan  "+i+"  adalah"+K[i].getGaji());

         for (int i=0;i<3;i++)

             K[i].naikGaji();

         for (int i=0;i<3;i++)

             System.out.println("Gaji sekarang  "+i+"  adalah"+K[i].getGaji());
  }

}
          

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Laporan Praktikum 4 INFORMATION HIDING, INHERITANCE, ENCAPDULATION DAN POLYMORPSHIM"

Posting Komentar